Minggu, 17 November 2013

kemacetan


Kemacetan Adalah Ibu Kota Indonesia

Hampir semua jalan di Jakarta mengalami kemacetan yang cukup membuat kita pusing, kesal, dan uring-uringan akibat kemacetan yang terjadi.Sebenarnya sederhana saja, kemacetan itu disebabkan oleh ketidakseimbangan antara pertambahan jumlah kendaraan dan pertambahan jumlah jalan.


Selama ini pertambahan jumlah kendaraan meningkat dengan pesat sementara pertambahan jalan bisa dikatakan tidak ada pertambahan yang signifikan.Selain itu, faktor yang turut berperan dalam kemacetan adalah banyak pengendara yang tidak disiplin dan tidak mematuhi peraturan berlalu lintas serta jumlah penduduk DKI Jakarta yang semakin banyak akibat urbanisasi.  Beberapa cara yang telah ditempuh oleh pemerintah DKI Jakarta dalam mengatasi kemacetan, seperti memberlakukan three in one pada jalan-jalan tertentu dan membangun transportasi Busway Tapi nampaknya usaha tersebut tetap saja tidak bisa mengatasi kemacetan. Khusus untuk busway, transportasi massal jenis ini memang sangat dibutuhkan, tapi bukan untuk mengatasi kemacetan, justru sebaliknya, karena jalan yang digunakan oleh busway tidak dibarengi dengan pelebaran jalan, sehingga jalan semakin sempit akibatnya makin menimbulkan kemacetan.Di samping itu masyarakat pengguna busway justru dimonopoli oleh masyarakat yang nota bene tidak memiliki kendaraan roda empat.  Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia disokong oleh beberapa daerah seperti Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Depok. Di mana banyak masyarakat atau penduduk yang bertempat tinggal di daerah-daerah tersebut bekerja di Jakarta.Bisa dibayangkan kalau sebagian besar dari mereka menggunakan kendaraan ditambah dengan penduduk Jakarta yang terus bertambah.Jakarta jadi membludak dan akibatnya kemacetan terjadi di mana-mana.  Sebagai negara yang masih berkembang, tentu masyarakatnya, berlomba-lomba menuju ke penghidupan yang lebih baik. Pada umumnya, mereka mengukur kesuksesan dengan memiliki kendaraan roda 4 (mobil). Ada kebanggaan dalam dirinya dan ingin menunjukkan kepada keluarga, teman, dan masyarakat di sekelilingnya bahwa ia telah sukses. Semakin banyak mobil semakin kaya (sukses) dan banggalah ia.  Hal yang juga memicu kemacetan adalah jumlah penduduk. Orang berlomba-lomba hijrah ke Jakarta mencari pekerjaan atau kehidupan yang lebih layak.
Umumnya, putra-putri terbaik daerah yang telah menyelesaikan pendidikan tinggi hijrah ke Jakarta.Bahkan yang tidak berpendidikan pun semuanya hijrah ke Jakarta.Ibaratnya Jakarta adalah gula yang dikerebuti oleh semut.Sehingga menimbulkan banyak masalah, seperti pengangguran, kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial, kepadatan penduduk, dan lain-lain.Kenapa bisa terjadi demikian?Hal itu dapat disebabkan karena pembangunan yang tidak merata.Jakarta sebagai Ibukota negara mendapat perhatian yang berlebihan dalam semua aspek pembangunan, baik industri, infra suruktur maupun birokrasinya. Sementara daerah lain mendapatkan porsi dan perhatian yang lebih kecil. Sehingga terjadi ketidakseimbangan.Belum lagi pembangunan banyak yang tidak berorientasi lingkungan, sehingga dampaknya menjadi rawan banjir, longsor.dan sebagainya. Dampak yang lebih besar mungkin saja akan terjadi dalam beberapa tahun mendatang. Jakarta sepertinya tempat untuk praktek segala aktivitas kehidupan di Indonesia, tanpa ada perencanaan yang matang.  Sebagai sebuah negara yang luas dan terdiri dari banyak pulau dan jumlah penduduk yang besar. Perlu dipikirkan suatu sistem yang sesuai dalam menata negara ini.Mungkin kita bisa meniru sistem yang dipakai di Amerika Serikat, karena hampir ada kemiripan dalam hal luas daerah dan jumlah penduduk.  Ide tentang perpindahan ibu kota dan pembagian daerah (kota) sesuai dengan aktifitas terbesarnya juga mungkin merupakan solusi yang bisa dipertimbangkan, dipikirkan dan direncanakan secara matang. Namun itu merupakan solusi jangka panjang.Yang harus segera dilaksanakan, yaitu bagaimana untuk segera mengatasi kemacetan di Jakarta. Berikut ini, mungkin bisa menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di Jakarta, antara lain
1. Jalur three in one lebih diperluas wilayahnya dan tidak menggunakan batas waktu
2. Jalan-jalan yang dilalui busway yang menyebabkan penyempitan badan jalan harus segera diperlebar
3.Membangun transportasi massal lain, seperti misalnya subway atau monorel
4. Menerapkan usia kendaraan yang layak beroperasi. Ini juga dapat mengurangi polusi.
5. Meningkatkan tarif pajak kendaraan bermotor, khususnya kendaraan roda empat
6. Mengadakan pelatihan atau seminar kepada supir-supir angkutan umum  tentang keselamatan dan peraturan berlalu lintas.
 7. Menegakkan aturan dengan menindak tegas semua pelanggar lalu lintas tanpa kecuali ataupun oknum polisi yang berbuat pungli.
8. Memperbanyak dan terus menerus mengingatkan masyarakat melalui spanduk, brosur, ataupun iklan tentang disiplin berlalu lintas. Baik di media Cetak ataupun media elektronik.
Okeh kita fokus masalah kemacetan kota jakarta, kita mulai membahas kemacetan dengan 5W & 1H
·         Apa itu kemacetan lalulintas
Secara umum Kemacetan lalulintas adalah Suatu penumpukan kendaraan karena jumlah tidak sesuai dengan kapasitas.
·         Dimana Terjadi Kemacetan lalulintas?
kemacetan kota Jakarta terjadi di lampu merah, pintu masuk Tol, Pintu keluar Tol, Jalur arteri, persimpangan, lingkar  luar, bundaran, pertigaan, perempatan, jalur alternatif, persimpangan rel kereta sampe gang sempit <i>.
·         Kapan Terjadinya kemacetan Lalulintas
Jam-jam tertentu, hari-hari tertentu dan cuaca extreme semua bisa di sebutkan satu pesatu
Macet Tahunan
Tahun Baru
Liburan tahunan (anak sekolah)
Lebaran (Seminggu sebelum lebaran, biasanya terjadi di jalur keluar kota)
Macet Bulanan
Awal dan akhir Bulan January s/d Desember (loh kenapa akhir sama awal doang bos?? Semangat Gajian Karyawan… wkwkwk kadang bikin macet, kantong tebel restoran mana juga di satronin, bikin parkiran di pinggir makan bahu jalan
Bulan Desember Even Natal, Night Sale dll
Bulan februari, Nah ini masuk cuaca Extreme alias Banjir…. siap siap pertengahan Februari
Bulan July Nah ini liburan anak sekolahan, Biasanya terjadi di Jalur puncak, bandung dll daerah wisataMingguan
Jumat – saatnya berebutan Vila kepuncak
Sabtu – jarang juga sih sabtu macet soalnya banyak karyawan libur di hari ini, tapi kalo jam 5 sore sekitar Mall biasanya macet ,Jam 06.00 s/d 09:30 Jam 15.45 s/d 19.20

·         Siapa pelaku kemacetan lalulintas?
Kendaraan Roda dua, Kendaraan Roda 4, Kendaraan Besar (Trailer, Truk dll) ,Angkutan Umum (Metromini, KWK, Bajaj ddk)



          Kenapa sampai terjadi Kemacetan Lalulintas?
Lampu merah tidak sesuai dengan kapasitas kendaraan
Jalur yang menyempit
Emak-emak mobilnya keserempet bus kopaja, trus marah-marah ngomel berantem sama supir kopaja(Gubrak!!!!!!) (kisahnyata macet 1.5km di Jl.latumenten jakbar wkwkwkwk)
·         Bagaimana terjadinya kemacetan lalulintas?
Seharusnya pertanyaan ke lima H, bagaimana Solusinya…. T_T kelamaan…
Secara Dominan yang terjadi di Kota Jakarta adalah kemacetan keberangkatan jam kerja dan pulang kerja senin s/d Jumat, inilah yang menjadi titik permasalah yang paling krusial, apa solusinya?
Biasanaya pemecahan masalah untuk masyarakat luas yang tepat adalah Win-Win Solution, emang kenapa?pemerintah takut didemo ya), tapi disini gak usah di pilah-pilah win-win solutionnya, semua di jabarin.
Menguragi Jumlah Beban Jalanan sehingga kapasitas terukur
Menyiapkan Sebuah Trasportasi Massal, Misalkan kereta dalam kota, Busway&nbsp
Regulasi operasi kendaraan dengan nomor ganjil awal plat nomor kendaraan, Misalkan nomor awal ganjil pada hari senin tidak boleh beroperasi, bolehnya selasa, kamis, Jumat dan sabtu, dst
Regulasi opeasi warna kendaraan, misalkan Hari senin Mobil pribadi berwarna Hitam, Putih Dan merah saja yang boleh beroperasi, dll
Pada keadaan jalan tertentu yang memadai Kendaraan Roda dua dan 4 dipisahkan, agar tidak terjadi deadlblock
Perusahaan yang memiliki karyawan menggunakan kendaraan pribadi dalam jumlah tertentu harus memiliki jemputan sendiri
Regulasi Pemerintah Secara Global
Pengguna kendaraan roda 4 harus menggunakan Pertamax, alih alih merawat lingkugnan (hehehe ini kasus sekarang juga bikin mikir pengguna kendaraan roda 4, soalnya musti itung-itungan kocek untuk orang yang cekak)
Pemberlakuan operasi kendaraan hanya 15/20 tahun.
Tarif pajak kendaraan yang tinggi
1 Alamat Rumah hanya Boleh di isi 2 Plat Nomor kendaraan
1 Pemilik Hanya Boleh mempunyai 2 Plat Kendaraan
Dalam Kurun waktu tertentu Hentikan Penjualan Mobil Murah di Indonesia karena merangsang jumlah operasi kendaraan
Tarif angkutan umum murah dan keamanan yang baik
Apa yang penulis kemukakan di atas sangat mungkin sudah dipikirkan oleh pejabat yang berkepentingan, para ahli ataupun pemerhati transportasi. Namun kenyataannya sampai saat ini hampir tidak ada aksi yang nyata, dalam mengatasi kemacetan di Jakarta.kalaupun ada, maaf hanya panas-panas tahi ayam. Di negara ini terlalu banyak orang pintar, tetapi sangat sedikit orang yang bisa atau mau mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya.Mungkin juga sangat berhubungan dengan kesejahteraan.Karena pemerintah atau pejabat, lebih memikirkan perut sendiri dari pada memikirkan perut rakyat. Memang diperlukan dana yang tidak sedikit, tapi kalau dibandingkan dengan uang negara yang lenyap akibat korupsi..wah tidak bisa dibayangkan!
  Akhir kata, sebagai warga negara, penulis merasa terpanggil untuk memberikan pikiran-pikiran yang mungkin dapat dipertimbangkan oleh pejabat yang berkepentingan.Kalaupun tidak, setidaknya penulis telah berusaha memikirkan kemajuan kita bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar